Muslimah Private Area Taman Botani Sukorambi, Sensasi Berenang di “Kolam Renang Pribadi”

     Menghabiskan waktu berlibur di akhir pekan bersama keluarga merupakan kebahagiaan tersendiri. Setelah lelah bergelut dengan aktifitas sehari-hari baik itu bekerja, sekolah maupun kuliah, berlibur memang semacam menjadi sebuah kebutuhan untuk merefresh badan dan pikiran. Salah satu alternatif Destinasi Wisata Jember yang tak jauh dari jantung kota adalah Taman Botani Sukorambi.

Screenshot_2018-06-18-09-53-30-434_com.android.camera
Selamat Datang di Taman Botani Sukorambi 🙂

37584450_10214980113633984_4965434475707105280_o.jpg

Yakin deh, pasti juga pernah foto di tempat ini ya kan? 😀

      Tempat wisata yang sudah cukup lama berdiri ini sangat cocok untuk segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Sesuai dengan namanya yaitu Taman Botani, disini dapat kita temukan berbagai jenis tanaman lengkap dengan informasi nama-nama tanaman tersebut dalam Bahasa Latin. Ada juga beberapa jenis hewan seperti kijang, kalkun, merak, ayam mutiara dan kuda.

Screenshot_2018-06-18-14-40-36-573_com.android.camera
Ada berbagai macam jenis tanaman di Taman Botani Sukorambi. Salah satunya Afrikana.

     Ini merupakan media yang cukup efektif untuk mengedukasi anak-anak anda dan menambah wawasan lebih banyak tentang jenis tanaman maupun hewan yang ada di sekitar kita. Ibaratnya, belajar tidak hanya dari pelajaran formal di dalam kelas, tetapi juga bisa langsung dari alam. Bagi anda yang memiliki anak-anak usia dini, juga sangat baik mulai memperkenalkan kepada mereka berbagai jenis tanaman dan hewan.

      Yang terbaru, Taman Botani Sukorambi telah melaunching Taman Koi. Kita bisa bersantai sambil memberi makan Koi dengan membeli pakan ikan pada petugas. Sekedar duduk-duduk di kursi yang disediakan juga boleh. Di depan Taman Koi juga terdapat Pondok Seni. Disini kita bisa menikmati suguhan live music. Bila memiliki keberanian lebih, kita juga bisa ikut menyumbangkan suara untuk hiburan bagi para pengunjung lainnya loh. 🙂

Screenshot_2018-06-18-11-01-36-480_com.android.camera
Taman Koi yang baru saja dilaunching dilengkapi bangku-bangku untuk bersantai sambil melihat kolam dengan puluhan ikan koi.

     Naaahhh, sampai saat ini, yang selalu menjadi jujugan pengunjung saat datang ke Taman Botani Sukorambi adalah kolam renang. Bukan kolam ikan. Jangan salah ya! Jangan-jangan nanti malah renangnya sama ikan koi di kolam ikan. Hehehehe. Ada kolam pelangi untuk anak maupun kolam renang untuk remaja dan dewasa. Semuanya sama-sama bisa dimanfaatkan untuk melemaskan otot badan. Olahraga renang diyakini dapat membuat badan lebih fresh terutama bila dilakukan secara rutin.

     Bila anda ingin berenang di Taman Botani Sukorambi tapi anda tidak terlalu nyaman berada di tempat ramai (terutama saat musim libur akhir pekan dan libur nasional) pada kolam-kolam umum yang disediakan, ada alternatif lain yang bisa anda pilih. Berenang dengan suasana yang lebih tenang, nyaman dan private, cocok bagi anda dan keluarga untuk berolahraga bersama di akhir pekan. Muslimah Private Area. Sesuai namanya, tentu saja, disini anda bisa menikmati sensasi berenang di “Kolam Renang Pribadi” 🙂

Screenshot_2018-06-18-13-57-48-879_com.android.camera
Untuk menggunakan Muslimah Private Area, anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.

     Saat ini, Muslimah Private Area tidak melulu disewakan untuk para perempuan. Tetapi untuk siapapun yang ingin menyewa tempat ini. Baik untuk berenang, mengadakan acara keluarga, reuni, Family Gathering Corporate dll. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan kolam yang cukup luas dan fasilitas yang cukup lengkap, anda bisa menghabiskan waktu dengan lebih santai disini. Beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati di Muslimah Private Area antara lain :

1. Kolam Renang Segala Usia

     Di tempat ini anda dapat menikmati segarnya air kolam renang yang disediakan untuk berbagai usia. Karena dalam satu ruangan ini sudah ada kolam renang anak sekaligus kolam untuk dewasa dengan kedalaman mulai 120 cm sampai dengan 170 cm. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika anda mengajak anak-anak anda ataupun sanak saudara yang masih kecil.

Screenshot_2018-06-18-13-43-40-378_com.android.camera
Kolam renang dewasa di Muslimah Private Area.
Screenshot_2018-06-18-13-55-49-336_com.android.camera
Kolam khusus anak-anak.

2. Loker

    Anda dan keluarga tidak perlu bingung untuk urusan barang-barang yang dibawa. Tentunya barang-barang anda tidak akan berceceran. Karena disini juga disediakan beberapa loker untuk menyimpan barang-barang pengunjung yang menyewa Muslimah Private Area.

Screenshot_2018-06-18-13-40-34-572_com.android.camera
Sebagian dari loker-loker yang tersedia.

3. Kamar Bilas

     Tersedia lebih dari 2 kamar bilas untuk menghindari antrian yang terlalu lama. Kamar bilas yang cukup bersih juga untuk mendukung kenyamanan pengunjung.

4. Musholla

    Tidak perlu jauh-jauh keluar dari Muslimah Private Area untuk beribadah. Karena telah tersedia Musholla di dalam ruangan.

5. Toilet

     Ini termasuk hal wajib yang dicari pengunjung saat mendatangi suatu tempat wisata. Meski terletak di luar ruangan (bagian samping), tapi ketersediaan Toilet juga merupakan salah satu upaya pengelola untuk melengkapi segala kebutuhan pengunjung dalam satu tempat.

6. Halaman Samping

     Bila anda menyewa Muslimah Private Area pada sore hari dimana matahari tidak terlalu terik, selepas berenang anda bisa bersantai sejenak di halaman samping yang mana telah disediakan kursi-kursi dengan payung untuk menghindarkan anda dari hujan. Terutama hujan kenangan. Hihihihi. Tempat yang cukup mendukung untuk sekedar beristirahat selepas berenang ataupun sembari menikmati bekal yang anda bawa dari rumah.

7. Kantin

    Berekreasi bersama keluarga terutama bila ada anak-anak, bekal biasanya merupakan hal yang masuk daftar wajib untuk dibawa. Namun bila anda tidak ingin repot-repot membawa bekal dari rumah untuk persiapan makan setelah berenang, anda bisa memanfaatkan Kantin yang terletak tepat di samping Muslimah Private Area. Anda bisa memesan pop mie ataupun makanan dan minuman ringan lainnya.

Screenshot_2018-06-18-13-59-01-716_com.android.camera
Kantin Muslimah Private Area terletak tepat di samping pintu masuk MPA.

8. Ruang Serbaguna

     Meski berada dalam satu area, tempat ini terletak berseberangan dengan kolam renang dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tertentu, misalnya saja saat kita memesan untuk kegiatan reuni maupun acara keluarga. Di ruangan ini terdapat potret keluarga besar Bapak Abdul Kahar Muzakar, pendiri Taman Botani Sukorambi yang juga dijuluki “Tobacco Man”. Biografi beliau bisa dibaca di Pondok Baca yang terletak tidak jauh dari Muslimah Private Area.

Screenshot_2018-06-18-13-47-48-806_com.android.camera
   “Harta yang paling berharga adalah keluarga. Mutiara tiada tara adalah keluarga.”   Mungkin ada yang baca caption ini sambil nyanyi? Berarti kita seangkatan. Hehehehe.

 9. Spot Foto Kekinian

     Di Ruang Serbaguna ini juga terdapat hiasan-hiasan ruangan dari kayu bertema shabby yang juga dapat dimanfaatkan sebagai spot foto karena cukup bagus digunakan sebagai background.

Screenshot_2018-06-18-13-50-49-344_com.android.camera
Spot untuk Berfoto di Ruang Serbaguna 🙂

     Nah, itu tadi fasilitas-fasilitas yang bisa anda manfaatkan saat menyewa Muslimah Private Area. Untuk bisa menggunakan tempat ini, diberlakukan tarif sewa yang berbeda antara weekday dan weekend. Tarif biasanya dihitung per jam tanpa menghitung jumlah pengunjungnya. Datang beramai-ramai lebih seru ya pastinya. Baik bersama teman, kerabat maupun keluarga. 🙂

       Sebagai warga asli Jember yang sudah merasakan perkembangan  Taman Botani Sukorambi sejak awal, saya benar-benar merasakan progress yang cukup signifikan dari setiap wahana maupun fasilitas yang ada disini. Salah satu Destinasi Wisata Jember yang sangat potensial. Dengan kondisi sekarang, yang mana memang Jember Makin Rame, Taman Botani Sukorambi memang layak untuk menjadi tempat pilihan untuk berlibur. Tetapi masih banyak harapan yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini.

     Terutama terkait Pondok Baca yang seharusnya bisa buka sepanjang hari tetapi dihari libur justru ditutup dikarenakan tidak ada petugas jaga (saat saya menanyakan kepada beberapa petugas lainnya, ternyata petugas jaga Pondok Baca merangkap sebagai Driver Golf Cart), semoga hal ini bisa menjadi perhatian bagi pengelola untuk meningkatkan kualitas yang terkesan remeh, tapi sebenarnya cukup penting. Dengan terus beroperasinya Pondok Baca tersebut, saya harap ini bisa menjadi bukti komitmen Taman Botani Sukorambi untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat Jember.

     Selain itu, juga menaruh harapan besar agar Pengelola lebih memperhatikan kelestarian dan kondisi hewan-hewan yang ada disana. Semoga kedepannya juga semakin banyak wahana bermain dan belajar yang baru dan selalu menjadi tempat wisata yang ramah bagi seluruh pengunjung baik masyarakat Jember maupun dari luar Jember yang menghabiskan waktu berliburnya disini.

     Dan saya sangat mengapresiasi inisiatif sahabat-sahabat dari Blogger Jember Sueger yang bekerjasama dengan Taman Botani Sukorambi membuka ruang bagi masyarakat Jember pada khususnya dan khalayak luas pada umumnya untuk bisa berkontribusi dalam promosi Destinasi Wisata Jember  melalui tulisan. Sangat bagus dan semoga bisa membawa dampak positif dalam memperkenalkan Pariwisata Jember. Saat ini Jember Makin Rame dengan semakin banyaknya tempat wisata yang mulai dikembangkan. Baik itu wisata alam maupun wisata buatan.

      Jadi, kapan kamu main ke Jember? 😀

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh

Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Lomba Blog Destinasi Wisata Jember #2.jpeg

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2wQOcqr

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s